Kabar Duka, Satu PDP Asal Sibolga Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Istimewa.

TapanuliSatu.Com – Kadis Kesehatan Sibolga, Firmansyah Hulu menginformasikan bahwa satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kota Sibolga, Sumatra Utara, meninggal dunia di Rumah Sakit Martha Friska Medan, sekira pukul 18.20 WIB, pada Rabu (29/4).

Dalam konferensi di Aula Kantor Wali Kota Sibolga, Kamis (30/4), Firmansyah menjelaskan, pasien berinisial BUL (39) warga Kelurahan Pasar Belakang Kota Sibolga, dirujuk ke rumah sakit Metta Medika dengan keluhan sesak nafas, pada Selasa (28/4) sekira pukul 12.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Atas keluhannya pasien tersebut, selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh oleh dokter radiologi. Hasilnya, pasien dinyatakan memiliki riwayat penyakit TB Paru.

“Sekira pukul 17.00 WIB, dilakukan rapid test dan ternyata memang hasilnya reaktif. Pada Selasa malam itu juga, pasien dirujuk ke RS Martha Friska Medan,” sebut Firmansyah.

Didampingi Kadis Kominfo Sibolga, Binner Lumban Gaol, Firmansyah Hulu menjelaskan, pasien dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (29/4) sekira pukul 18.20 WIB, dan dilakukan pemakaman sesuai protokol covid-19, di kawasan pemakaman Simalingkar, Medan.

Pihaknya langsung melakukan tracing (melacak) terhadap warga baik keluarga, dan tenaga medis yang sempat kontak dengan pasien. Totalnya, ada 16 orang.

“Dari hasil tracing, 9 orang keluarga yang kontak dengan almarhum, sudah isolasi mandiri sekarang, dan akan kita pantau terus. Kemudian 7 orang tenaga kesehatan kita juga isolasi mandiri,” katanya.

Dia mengaku, pasien belum sempat menjalani pemeriksaan swab akibat kehabisan VTM untuk mendeteksi COVID-19.

Sehingga untuk mengetahui apakah pasien positif covid, pihaknya akan terus memantau keluarga yang kontak erat dengan pasien dan melakukan rapid test.

“Kita akan memantau ibunya yang kontak langsung, sudah kita rapid test dan hasilnya negatif, ini akan kita lanjutkan kembali minimal 7-10 hari ke depan di rapid test lagi,” jelasnya. (tt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *